Senin, 07 Juli 2014

RPP JENJANG PENDIDIKAN SD




CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Satuan Pendidikan       :   SD ....          
Tema/Subtema              :   Selamatkan Makhluk Hidup
Kelas/Semester             :   VI/1
Alokasi Waktu                :   128 x 35 menit (4 minggu)

KOMPETENSI INTI:
KI -1           : Menerima, menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2            : Menunjukkan perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab,santun,peduli, dan percaya diri dalam beinteraksi dengan keluarga,temanm guru, dan tetangga serta cinta tanah air
KI-3            :  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk hidup ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4            : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehar, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
PPKn
2.1     Menghargai kebersamaa dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.      Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan YME terkait nikmat persatuan dan kesatuan Indonesia

2.2     Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan sebagai perwujudan nila idan moral Pancasila
1.      Menunjukkan kemauan menjaga persatuan dalam lingkungannya

2.4   Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia
1.      Menunjukkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang mampu bersatu dalam keberagaman

3.5   Memahami nilai – nilai persatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional, dan kemerdekaan
1.      Menjelaskan alasan kerajaan lokal menentang dominasi VOC
2.      Menjelaskan faktor-faktor pendorong para tokoh pergerakan nasional mendirikan organisasi masa organisasi politik
3.      Mendeskripsikan contoh perwujudan semangat keindonesiaan pada awal kemerdekaan
4.1   Menerapkan nilai – nilai persatuan dan kesatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional, dan kemerdekaan dalam kehidupan sehari – hari
1.      Menyajikan hasil penelusuran informasi terkait belum berhasilnya gerakan menentang dominasi penjajah di Indonesia
2.      Menyajikan simulasi perdebatan beberapa tokoh pergerakan nasional tentang perlunya persatuan dan kesatuan dalam masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
3.      Menyajikan hasil pengamalan nilai-nilai persatuan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekita
4.      Menyajikan ide-ide  tentang cara mengamalkan nilai-nilai  persatuan di lingkungan kelas/sekolah
Bahasa Indonesia
1.1   Meresapai makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh pengetahuan
1.      Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan YME terkait nikmat bahasa Indonesia

2.1     Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.      Menunjukkan sikap peduli terhadap hewan dan tumbuhan melalui ungkapan lisan dan tulisan
3.1   Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri makhluk hidup dan lingkungan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
1.     menjelaskan ciri-cirinya khusus makhluk hidup  secara lisan dengan menggunakan bahasa yang runtut berdasarkan hasil penggalian informasi dari teks.
2.     mendeskripsikan lingkungan tertentu makhluk hidup dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan memperhatikan penggunaan  ejaan yang benar berdasarkan hasil penggalian informasi dari teks.
3.     mendeskripsikan secara lisan ciri makhluk hidup dan lingkungan tertentu yang ada di sekitarnya berdasarkan hasil laporan penyelidikannya
3.3   Menguraikan isi teks pidato tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
1.     menyampaikan kembali isi teks pidato tentang “cinta tanah air” secara lisan dengan kalimatnya sendiri secara runtut
2.     menanggapi pidato yang disampaikan oleh teman dengan menggunakan bahasa yang santun serta memperhatikan pilihan kata yang tepat
3.     menuliskan pokok-pokok pidato  “tentang cinta tanah air” secara runtut dan  memperhatikan pilihan kata  serta penggunaan ejaan yang benar.
4.1   Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan tentang ciri khusus makluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan gur dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan milih dan memilah kosakata baku
1.    menuliskan pokok-pokok hasil pengamatan ciri khusus maklhuk hidup
2.    mengembangkan pokok-pokok hasil pengamatan menjadi sebuah laporan dengan memperhatikan susunan, diksi, dan penggunaan ejaan yang benar.
3.    membacakan hasil laporan yang ditulisnya dengan memperhatikan lafal dan intonasi

4.2   Menyajikan isi teks pidato tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
1.    menyusun teks pidato tentang cinta tanah air dan/atau sistem pemerintahan
2.    berpidato tentang cinta tanah air   dan/atau sistem pemerintahan dengan memperhatikan isi, ekspresi, lafal, dan intonasi
3.    menyusun teks pidato tentang layanan masyarakat
4.    berpidato tentang tentang layanan masyarakat dengan memperhatikan isi, ekspresi, lafal, dan intonasi
Matematika
1.1    Menerima, menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
1.      Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan YME terkait anugerah akal budi pada manusia

2.1       Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuh pecahan
1.      Menunjukkan perilaku taat azas  dalam melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuh pecahan
2.2       Menghargai pendapat atau gagasan teman mengenai hasil kerjanya dan usulan memecahkan masalah, penyajian data atau pekerjaan matematika lainnya
1.      Menanggapi  pendapat atau gagasan teman mengenai hasil kerjanya dan usulan memecahkan masalah, penyajian data atau pekerjaan matematika lainnya
3.1     Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan pecahan biasa,campuran,decimal dan persen) 
1.      Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
2.      Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
3.      Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal serta campuran
4.      Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan desimal
5.      Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
6.      Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
7.      Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari (bentuk pecahan, pecahan biasa, campuran, decimal dan persen)
3.10  Memahami dan melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai betuk pecahan
1.      Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
2.      Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
3.      Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
4.      Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
5.      melakukan perkalian bilangan asli dengan pecahan, pecahan dengan pecahan
6.      melakukan pembagian bilangan bulat yang menghasilkan pecahan
7.      melakukan pembagian bilangan asli dengan pecahan
8.      melakukan pembagian pecahan dengan pecahan
9.      Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan
3.12 Memahami perbandingan senilai dan pebandingan terbalik
1.        Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
2.        mengenal arti pecahan sebagai perbandingan
3.        memahami skala sebagai perbandingan
4.        mengetahui pecahan-pecahan yang senilai dan membedakan pecahan biasa dan campuran
5.        Mengubah pecahan menjadi pecahan senilai
6.        membandingkan pecahan-pecahan tidak senilai
7.        melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan skala

IPA
1.1     Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agam yang dianutnya
1.       Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan YME terkait anugerah kemampuan perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan

2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif, jujur, teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktifitas sehari – hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
1.       Menunjukkan rasa ingin tahu,  objektif, jujur, teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan
2.2       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktifitas sehari – hari sebagai wujud implementasi melaksanankan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok
1.      Menunjukkan penghargaan terhadap kerja  individu dan kelompok
3.1     Mendeskrisikan perkembangbiakan mahluk hidup
1.        Menjelaskan pengertian perkembangbiakan
2.        Menjelaskan macam-macam perkembang biakan pada tumbuhan
3.        Menjelaskan macam-macam perkembang biakan pada hewan
3.7     Mengidentifkasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
1.     Menjelaskan pengertian adaptasi
2.     menjelaskan tujuan adaptasi bagi makhlik hidup
3.     menjelaskan hasil identifikasi berbagai adaptasi makhluk hidup
4.5     Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar
1.     Mengamati makhluk hidup yang hidup yang hidup di daerah tertentu
2.     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup  yang hidup di daerah tertentu
3.     Mendiskusikan hasil pengamatan
4.     Membuat laporan hasil pengamatan
5.     Mengkomunikasikan hasil pengamatan
4.4     Mengikuti prosedur perkembangbiakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan
1.        Mengamati  perkembangbiakan generatif tumbuhan dan menyajikan hasil pengamatannya
2.        Mengamati perkembangbiakan vegetatif tumbuhan dan menyajikan hasil pengamatannya
IPS
1.1     Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik
1.     Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan YME terkait karunia kesempatan  kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan
2.1     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian fisik,budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat
1.      Menunjukkan perilaku tanggung jawab dan  peduli, akan  kelestarian fisik (hewan dan tumbuhan)
3.2     Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara
1.  mengidentifikasi serangkaian peristiwa sosial-politik-ekonomi yang menyebabkan usaha pergerakan nasional Indonesia 
2.  menguraikan akibat yang ditimbulkan dari usaha pergerakan nasional terhadap kehidupan masyatakat di bidang sosial-politik dan ekonomi
3.  mengidentifikasi serangkaian peristiwa sosial-politik-ekonomi yang disebabkan dari usaha persiapan kemerdekaan Indonesia 
4.  memberi contoh akibat yang ditimbulkan dari usaha persiapan kemerdekaan Indonesia terhadap kehidupan masyatakat di bidang sosial-politik dan ekonomi
5.  mengurutan tahapan waktu dan peristiwa yang mendorong kondisi peristiwa menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia
6.  menjelaskan pengaruh peristiwa proklamasi kemerdekaan terhadap terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dibidang sosial, politik dan ekonomi
7.  mengidentifikasi bentuk perjuangan masyarakat Indonesia di bidang sosial, politik dan ekonomi dalam rangka mempertahankan kemerdekaan
8.  mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya era reformasi di Indonesia
9.  menguraikan akibat yang timbul di bidang sosial, politik dan ekonomi setelah bergulirnya era reformasi di Indonesia
10.   membandingkan situasi dan kondisi perubahan
masyarakat di bidang sosial, politik dan ekonomi mulai awal kemerdekaan hingga awal reformasi
11.   menarik kesimpulan dari serangkaian peristiwa perjuangan di awal kemerdekaan hingga era reformasi di Indonesia

4.2   Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam berpolitik,berkebangsaan, dan bernegara dalam bentuk tulisan
1.       mengumpulkan data dan informasi yang relevan dari berbagai sumber yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa mulai awal kemerdekaan hingga awal era reformasi di Indonesia  
2.      mempresentasikan hasil laporan investigasi kelompok
3.      memajangkan hasil karya tugas kelompok dalam kertas plano di sudut-sudut belajar ruangan kelas 
4.      melakukan kegiatan kunjung karya pada setiap kelompok secara bergiliran
Seni Budaya dan Prakarya
1.1     Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air
1. Menceritakan karya seni yang dinikmati (dilihat, didengar, dan dirasakan).
2. Mendeskripsikan secara sederhana, keindahan yang terkandung dalam suatu karya seni (tari, rupa, dan musik).
3. Mengungkapkan keindahan dengan cara dan peandapat mereka masing-masing.
4. Menyebutkan keragaman seni di nusantara (tari, rupa, dan musik).
5. Menceritakan keindahan ragam seni nusantara yang pernah mereka nikmati (dilihat, didengar, dan dirasakan).
6. Menyadari dan menjelaskan bahwa keindahan adalah anugerah Tuhan.

2.1        Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
1. Membuat karya seni sesuai kreativitas masing-masing. (seni rupa)
2. Bernyanyi di hadapan teman di kelas. (seni musik)
3. Membuat gerakan sendiri seuai irama musik. (seni tari)
4. Menceritakan/mendeskripsikan hasil karya seni di hadapan guru dan teman sekelas.

2.2        Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
1. Menceritakan keindahan alam sekitar meliputi unsur: bentuk,  warna, dan komposisi. (seni rupa)
2. Menangkap dan menceritakan keindahan bunyi alam yang ada di sekitar. (seni musik)
3. Menangkap dan memperagakan keindahan gerakan flora dan fauna yang ada di sekitar. (seni tari)
3.1     Mengenal gambar perspektif, poster, batik, dan patung
1.  Membedakan gambar dua dimensi dan tiga dimensi.
2.  Membedakan jenis lukisan yang ada/mudah dijumpai di lingkungan sekitar. (poster, batik, sketsa, dsb)
3.  Menjelaskan bentuk, bahan, dan makna simbolik dari karya patung yang ada di sekitar.

3.2     Mengenal harmoni dan simbol  lagu sederhana
1.  Menyebutkan jarak/interval nada pada akor mayor.
2.  Menyebutkan susunan nada dari akor-akor pokok. (akor I-IV-V)
3.  Merasakan dan menentukan akor yang sesuai pada lagu sederhana.
4.1     Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan
1. Menggambar satu bentuk/benda tiga dimensi sederhana dengan teknik perspektif satu titik lenyap.
2. Menggambar satu bentuk/benda tiga dimensi yang ada di sekitar dengan teknik perspektif satu titik lenyap.
3. Menggambar beberapa benda dengan bentuk dan dimensi yang berbeda menggunakan teknik perspektif satu titik lenyap.

4.3     Menggambar poster sesuai dengan keperluan penyampaian informasi tertentu
1. Menjelaskan ciri-ciri gambar poster.
2. Menganalisa dan menjelaskan makna gambar poster yang ada di sekitar.
3. Merancang gambar poster dengan informasi tertentu. (misalnya: kebersihan, kesopanan, taat berlalu-lintas, dsb)
4. Membuat karya gambar poster dan memajang di kelas/sekolah.

4.5     Membuat pola irama sederhana untuk iringan lagu dengan simbol panjang pendek bunyi dan mengembangkan pola iringan
1. Menjelaskan tanda-tanda musik meliputi:
      a. harga nada, not penuh, ½, ¼, dan 1/8.
      b. tanda diam,
      c. perpanjangan nada, legato
2. Membuat pola irama sederhana (1 birama) dengan melibatkan dua unsur bunyi (DUNG & TAK).
                                   ___
    Contoh:  4/4 | 2  1   2  2   1   |  à 2=DUNG, 1=TAK

3. Membuat pola irama dengan menggunakan tiga unsur bunyi (DUNG, TAK, dan CIS)
                                    ___    ___
    Contoh:  4/4   |   2   1   1   2   2   1   |
                           |   0   3       0        3   |    à 3=CIS
4. Menampilkan lagu dengan iringan ritmis secara berkelompok.

Pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan
1.1     Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan nya sebagai anugerah tuhan yang tidak ternilai
1.    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan nya sebagai anugerah Tuhan YME
1.2     Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
1.    Menyadari bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina
2.1        Menunjukkan disiplin, kerjasama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan, sportifitas dan tanggungjawab, dan menghargai perbedaan
1.      Menunjukkan disiplin, kerjasama, sportifitas, dan tanggungjawab.
2.2        Menunjukkan perilaku santun kepada teman, guru dan lingkungan sekolah selama pembelajaran Penjas
1.      Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru
3.1     Memahami variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik             
1.    Menyebutkan gerak dasar lari jarak pendek, menengah, dan jauh
2.    Menyebutkan gerak dasar lompat jauh dan lompat tinggi
3.    Menyebutkan gerak dasar tolak peluru
4.1     Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan olahraga atletik dan atau tradisional

1.    Memprakktikkan lari jarak pendek, menengah, dan jauh
2.    Memprakktikkan lompat jauh dan lompat tinggi
3.     Memprakktikkan gerak dasar tolak peluru

PERTEMUAN I (HARI I ):
a.       Tujuan
1)       menjelaskan ciri-cirinya khusus makhluk hidup  secara lisan dengan menggunakan bahasa yang runtut berdasarkan hasil penggalian informasi dari teks.
2)       Mengamati makhluk hidup yang hidup yang hidup di daerah tertentu
3)       Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup  yang hidup di daerah tertentu
4)       mendeskripsikan keterkaitan ciri makhluk hidup dengan lingkungan lingkungan tertentu dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan memperhatikan penggunaan  ejaan yang benar berdasarkan hasil penggalian informasi dari teks
5)       menuliskan pokok-pokok hasil pengamatan ciri khusus maklhuk hidup dan lingkungannya
6)       mengembangkan pokok-pokok hasil pengamatan menjadi sebuah laporan dengan memperhatikan susunan, diksi, dan penggunaan ejaan yang benar.
7)       membacakan hasil laporan yang ditulisnya dengan memperhatikan lafal dan intonasi

b.       Materi Pembelajaran
Adaptasi terhadap lingkungan
teks deskriptif (tentang ciri-ciri makhluk hidup pada habitat tertentu) dan teks laporan

c.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum              : tematik
Metode                  : discovery, diskusi             
d.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1)       Lingkungan sekitar
2)       teks tentang:  gambar hewan/tumbuhan yang pubah atau terancam punah, contoh laporan, ciri tumbuhan dan habitatnya, perkembangbiakan tumbuhan

e.       Kegiatan Pembelajaran
1.       Pendahuluan
1)       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tema: bersama-sama menyanyikan lagu: “Kulihat Ibu Pertiwi”, kemudian mendiskusikannya terkait kondisi saat ini (terancamnya kelestarian berbagai jenis hewan dan tumbuhan, serta kondisi manusia dan lingkungan sosialnya saat ini ), mengamati berbagai kerusakan alam dan hewan/tumbuhan yang terancam punah, sehingga menuju ke tema: (AYO) SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
2)       Apersepsi: bertanya jawab tentang ciri makhluk hidup dan kondisi Indonesia saat ini.
3)       Pengaturan awal (advance organizer): menyepakati hal-hal yang dipelajari sesuai tema ini, meliputi berbagai kompetensi dasar (atau materi pokok) yang relevan dengan tema/subtema.
4)       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini 
2.       Inti
a)       Membimbing siswa secara berkelompok untuk
1)       Mengamati ciri khusus tumbuhan yang berada di lingkungan sekolah/sekitar serta ciri lingkungannya (misalkan tumbuhan di kolam, tumbuhan di lapangan, tumbuhan di pasir pinggir sungai, dan sebagainya)
2)       Merumuskan pertanyaan (menanya) yang relevan dengan hasil pengamatannya.
3)       Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan dari berbagai sumber lain (buku paket, sumber buku lain)
4)       Membuat asosiasi antara ciri-ciri khusus tumbuhan yang dihubungkan dengan habitatnya
5)       Mengamati berbagai  bentuk contoh laporan pengamatan
6)       Mengamati berbagai teks bacaan yang menggunakan kalimat baku tidak baku
7)       Membuat asosiasi antara contoh laporan dengan laporan yang akan dibuat, kemudian membuat laporan hasil pengamatan dengan menggunakan kalimat baku dan tabel yang sesuai.
8)       Mengkomunikasi hasil pengamatan dalam bentuk laporan dan membacakan laporannya.
b)       Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan keterkaitan ciri khusus tumbuhan dan lingkungan (habitatnya), dan mengelaborasikan untuk berbagai lingkungan lain.

3.       Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.

PERTEMUAN II (HARI II):
a.       Tujuan
1)       Menyebutkan gerak dasar lari jarak pendek
2)       Mempraktikkan lari jarak pendek
3)       Menjelaskan pengertian perkembangbiakan
4)       Menjelaskan macam-macam perkembang biakan pada tumbuhan
5)       Mengamati  perkembangbiakan generatif tumbuhan dan menyajikan hasil pengamatannya
6)       mengembangkan pokok-pokok hasil pengamatan menjadi sebuah laporan dengan memperhatikan susunan, diksi, dan penggunaan ejaan yang benar.
7)       membacakan hasil laporan yang ditulisnya dengan memperhatikan lafal dan intonasi
b.       Materi Pembelajaran
Perkembangbiakan generatif
Teks Laporan

c.       Metode Pembelajaran
Pendekatan umum              : tematik
Metode                                  : discovery, diskusi

d.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Papan start lari jarak pendek (jika ada), peluit.
Tumbuhan beserta bunga dan buahnya, misal: jagung, bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.)
e.       Kegiatan Pembelajaran
1.       Pendahuluan
1)       Lokasi di lapangan:
1)       Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tema:  pemanasan, memainkan permainan “kucing dan anjing” (kaitkan dengan TEMA). Merefleksi permainan  “kucing dan anjing” dikaitkan dengan kegesitannya dalam berlari jarak pendek.
2)       Apersepsi: bertanya jawab tentang atletik (fokus pada lari)
3)       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini 

2.       Inti
Membimbing siswa untuk:
2)       Mengamati gerakan model untuk menemukan gerak dasar lari jarak pendek.
3)       Menanya dan membuat asosiasi gerak dasar lari jarak pendek dengan kecepatan dan kegesitan kucing atau anjing dalam berlari jarak pendek (koordinasi langkah kaki, pengaturan kecepatan, dan lain-lain)
4)       Menirukan gerak dasar lari jarak pendek
5)       Menyajikan/mempraktikkan lari jarak pendek
6)       Merefleksi kegiatan dan transisi ke kelas
7)       Mengamati jagung dan bunga kembang sepatu, menggambarkan hasil pengamatannya
8)       Merumuskan pertanyaan (menanya) dan mendiskusikan pola perkembangbiakan seperti ini untuk tumbuhan lain 
9)       Mengumpulkan data tentang jenis tumbuhan yang berada di lingkungan sekolah /sekitar sesuai dengan jenis perkembangbiakannya.
10)   Mengembangkan pokok-pokok hasil pengamatan menjadi sebuah laporan dengan memperhatikan susunan, diksi, dan penggunaan ejaan yang benar.
11)   Mengkomunikasikan dengan cara membacakan hasil laporan yang ditulisnya dengan memperhatikan lafal dan intonasi dan ditanggapi rekan yang lain.

3.       Penutup
Mendorong siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.


PENILAIAN
1.     Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
·         Pengamatan Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian dan Pilihan
·         Portofolio
·         Panduan Penyusunan Portofolio

2.     Contoh Instrumen
a.          Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan




2
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok





Rubrik Penilaian Sikap


No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan YME
3:    menunjukkan ekspresi rasa syukur kepada Tuhan YME pada satu atau lebih kesempatan (topik)
2:    belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi  
1:    belum menunjukkan ekspresi rasa syukur, atau menaruh minat terhadap terhadap kebesaran Tuhan saat refleksi
2
Menunjukkan rasa ingin tahu
3:    menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan kelompok 
2:    menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1:    tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
3
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

3:    tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2:    berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1:    tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai

Deskripsi sikap ini digunakan untuk pertimbangan dalam menentukan profil siswa (bukan angkanya yang penting, namun deskripsi sikap siswa).


Keterangan:
·         Pengorganisasian pembelajaran pada suatu pertemuan dapat dilakukan dengan cara:
o   mengacu urutan pembelajaran di dalam silabus.
o   Bisa juga, pengorganisasian pembelajaran dibantu dengan “jadwal matapelajaran” sesuai struktur kurikulum SD, dengan catatan:
§   alokasi waktu untuk setiap matapelajaran dalam “jadwal matapelajaran” tersebut relatif fleksibel, disesuaikan dengan tema/sub tema dan kompleksitas kompetensi yang dibelajarkan.
·         Kegiatan Pembelajaran paling tidak harus mencakup  5 langkah pembelajaran  (mengamati, menanya, mencoba/pengamatan lanjutan, membuat asosiasi, dan menyajikan/mengkomunikasikan)
·         Contoh RPP ini BELUM mencakup seluruh pertemuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar